Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Sabtu, 12 Mei 2012

Langkah-Langkah Instalasi_CMS Joomla

ü  Pengertian.
Joomla adalah salah satu dari ratusan cms open source yang beredar di internet, bahkan joomla merupakan cms terpopuler yang sering digunakan para web development atapun web desainer untuk membuat sebuah website. Selain joomla ada banyak lagi cms open source populer seperti wordpress, auracms (produk indonesia), phpbb, mybb, open blog, open cart, prestashop, dan masih banyak lagi yang lain.
Untuk para pencinta web blog mungkin artikel ini akan membantu anda untuk lebih jauh lagi mengenal tentang sebuah sistem website, dan berikut kami sajikan langkah-langkah menggunakan joomla sebagai sistem website anda.

ü  Langkah-langkah Menginstal CMS Joomla
1)  Siapkan sebuah server local, dalam hal ini kita akan menggunakan XAMPP yang didalammnya sudah terinclude :
·      PHP
·      MYSQL
·      APACHE TOMCAT
·      FILEZILA SERVER
·      MARQURY
·      PERL
Jika anda belum mempunyai XAMPP sebagai Local Web Server, anda bisa mengunduh File Xampp di website resminya yang beralamat di XAMPP free dan sesuaikan dengan sistem oprasi yang akan anda gunakan.
Kami asumsikan anda sudah menginstal XAMPP sebagai server localnya, bagi pengguna windows kami rasa tidak ada masalah dalam menjalankan instalasi xampp.
Bagi pengguna linux ada sedikit perbedaan dalam instalasi server LAMPP
·    Download server LAMPP
·    Buka terminal atau shell kemudian login sebagai “root” dengan mengetikan kode“su” untuk pengguna turunan redhat atau “sudo” untuk turunan debian, kemudian masukkan password root anda
·    Jika sudah kemudian Extract Paket LAMPP yang sudah anda download tadi kedalam folder “OPT” dengan perintah Tar xvfz xampp-linux-1.7.3a.tar.gz –C /opt
·     Jalankan Server Lampp dengan perintah /opt/lampp/lampp start
·    Terakhir lakukan pengecekan dengan mengetikkan http://localhost/ atau http://127.0.0.1 di address bar browser anda, jika muncul tulisan “It’s Work” atau tampilan xampp, itu artinya server local anda sudah siap untuk digunakan.

Jika server sudah siap, selanjutnya kita akan beranjak ke Step Instalasi Joomla.
1.   Download CMS joomla dan pilih sesuai kebutuhan anda, dalam artikel ini kita akan menggunakan versi 2.5.x
2.  Extract File CMS Joomla yang sudah anda download tadi kedalam folder (sesuaikan dengan sistem operasi dan folde dimana anda menginstal xampp tadi)
D:\XAMPP\htdoct untuk Windows kemudian /var/www/html untuk pengguna Linux
Note : untuk menghindari tergabungnnya file root dengan file joomla, sebagaiknya anda harus membuatkan folder, contoh kita akan membuat folder dengan nama “cross”.
1.      Kemudian arahkan web browser anda ke alamat Http://localhost/phpmyadmin untuk membuat sebuah database yang nantinya akan digunakan untuk CMS joomla, berikut diberinama dengan “joomlacross”.
2.     Jika sudah arahkan web browser anda ke ke folder dimana anda mengextract cms joomla tadi yaitu http://localhost/cross/selanjutnya akan tampil seperti ini.

3.     Pilih bahasa kemudian pilih next seperti gambar(gambar tidk ditampilkan)
4.     Pre Instalasinext 
5.     Lisensi next
6.     Database configurasi, sesuaikan dengan database sistem anda dan nama database yang telah anda buat tadi kemudian next.
7.  FTP configurasi, jika anda akan menggunakan ftp lanjutkan dengan next,
8.  Main configurasi, next 
9.  Finis, disini kita dianjurkan untuk menghapus folder install ada rename folder instal untuk menghindari terjadinya reinstall pada sistem cms joomlaanda.
10.   Terakhir jika folder instalation sudah di rename, arahkan browser anda ke halaman http://localhost/cross/
11.    Jika semua tahap diatas diikuti dengan benar, maka hasilnya akan tampak seperti ini.

0 komentar:

Posting Komentar